Financial Revolution, Kejelasan Penawaran untuk Peningkatan Pemasaran

Dalam meningkatkan pemasaran, kita harus mempertimbangkan faktor kejelasan dalam memberikan penawaran. Banyak kita temukan, baik perusahaan kecil atau besar, sebenarnya telah melakukan penawaran untuk meningkatkan pemasaran mereka, tapi tidak sedikit dari mereka yang melupakan faktor kejelasan dalam penawaran.

Karena itu, saat ini banyak kita lihat iklan cetak, dari mulai berukuran kecil hingga sangat besar, yang ingin menawarkan sesuatu (produk atau jasa), yang semarak dengan desain, gambar-gambar, tipe huruf yang beraneka ragam, warna-warni background dan sebagainya, namun lupa apa yang sebenarnya ingin mereka tawarkan.

Contohnya,ada sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang telepon seluler (ponsel), mereka sibuk dengan bentuk desain, foto, dan sebagainya, tapi mereka justru melupakan satu hal penting yaitu kejelasan penawarannya.

Desain iklan cetaknya (di koran atau majalah) mungkin terlihat bagus, namun banyak orang yang melihat iklan cetak tersebut malah bingung dengan apa yang sebenarnya ditawarkan produk ponsel tersebut karena dalam iklan tersebut tidak dicantumkan antara lain: Apa kelebihan ponsel tersebut dibanding seri/kompetitor lainnya, apa fitur detil dari ponsel itu sehingga bisa disesuaikan dengan target market yang ingin dituju, berapa harga yang ditawarkan,dan jika memungkinkan berapa harga promosi yang diberikan (misalnya,bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit atau kartu debit), apa keuntungan pembeli jika membeli ponsel tersebut (mungkin bisa mendapatkan gratis tiket menonton bioskop atau vouchermakan di restoran dan sebagainya), di mana para calon konsumen bisa membelinya, adanya kontak/customer service yang jelas, dan yang paling penting, mengapa orang yang melihat iklan tersebut harus membelinya sekarang juga ( mungkin dengan diberikan kejelasan batas waktu promosi dan keterbatasan bonusnya).

Dengan semakin memberikan kejelasan penawaran yang telah disesuaikan bagi target market, kita mempermudah mereka menentukan pilihannya dan memutuskan pembelian (mengambil tindakan). Mungkin Anda bisa langsung mempraktikkan untuk memberikan kejelasan penawaran dalam iklan yang ingin Anda buat.

Namun, sebelumnya saya sarankan terlebih dulu melihat iklan yang telah dibuat oleh kompetitor Anda, supaya Anda semakin mendapat banyak informasi yang penting. Dengan begitu,iklan yang Anda buat benar-benar penawaran yang jelas, efektif, dan tentu saja jauh lebih powerful.

Senantiasa memperhatikan kejelasan dalam penawaran akan memberikan hasil yang jauh lebih optimal bagi pemasaran produk/jasa Anda. Karena kita harus selalu ingat, semakin maju era informasi dan komunikasi semakin banyak pula informasi yang akan diterima seseorang (calon konsumen kita).Apabila informasi penawaran yang kita berikan biasabiasa saja,tidak peduli berapapun besar biaya iklan/pemasaran kita, hasilnya tidak akan efektif.

Saya juga selalu terus meningkatkan teknik penawaran saya yang jauh lebih jelas dan powerful ini. Melalui praktik, kita akan jauh lebih banyak belajar dan akhirnya mampu menghasilkan penawaran dan hasil pemasaran yang dahsyat.

Oleh Tung Desem Waringin