Free Food Try

Dalam mengelola sebuah bisnis restoran terkadang seorang manajer akan bingung bagaimana cara untuk memperkenalkan sebuah menu baru pada para pelanggannya. Seringkali para pemilik restoran menggunakan media promosi seperti iklan atau pamflet untuk memperkenalkan menu baru bagi para pelanggannya, media ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan terkadang tidak membuahkan hasil yang maksimal. Ada salah satu solusi yang terkadang kurang kita pikirkan yaitu Free Food Try.
Free food try adalah salah satu konsep untuk memperkenalkan menu baru pada konsumen dengan memberikan sample makanan secara langsung pada konsumen walaupun dia tidak memesannya. Sample ini tidak perlu dibayar,dan langsung disajikan pada pelanggan.
Konsep ini sebenarnya diadopsi dari para produsen rokok yang seringkali memberikan rokok secara cuma cuma kepada konsumennya dengan tujuan memperkenalkan produk baru mereka. Ternyata cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan sebuah produk baru, terkadang juga dengan menyisipkan rokok secara gratis saat ada even even yang mereka sponsori.
Dari metode ini juga manajer dapat bertanya pada konsumen apa pendapat mereka tentang makanan yang sudah mereka cicipi tadi, sehingga perubahan perubahan rasa pada makanan tersebut tidak terlambat untuk dilakukan.
Selain dapat menguntungkan bagi menu baru yang akan dilaunching, juga cara ini dapat mendekatkan restoran dengan pelanggan. pelanggan akan merasa mereka ikut dilibatkan dalam kegiatan bisnis restoran.
Bagi manajemen sendiri metode Free Food Try akan memberikan masukan apakah produk atau menu baru tersebut layak untuk dijual, sehingga manajemen tidak akan rugi mengeluarkan produk baru atau menu baru yang memakan biaya promosi yang besar, tapi hasilnya tidak memuaskan.
Secara bisnis hal ini sebenarnya akan memakan biaya yang cukup besar, tetapi impact yang akan diterima oleh restoran akan sangat besar, dikarenakan dari sini bisa dilihat apakah makanan yang akan dijual kepada pelanggan apakah akan mendapatkan sambutan positif atau tidak, sehingga sebelum melaunching produk makanan tersebut pada pelanggan kita sudah bisa menebak apakah makanan tersebut akan disukai atau tidak oleh konsumen.
Dalam memberikan sebuah sample makanan pada pelanggan juga harus diperhatikan apa jenis makanan yang sudah dipesannya, jangan memberikan makanan yang sama pada pelanggan, misalnya pelanggan sudah memesan makanan yang mengenyangkan, dan ditambah lagi sample yang sejenis. Tentu hal ini tidak efektif, sebaiknya memberikan sample yang jenisnya tidak sama dengan yang dipesan oleh pelanggan sehingga pelanggan mau untuk mencicipi sample tersebut dan tentu akan memberikan dampak positif dari promosi yang kita lakukan.
Mungkin diperlukan tambahan kertas untuk menuliskan saran dan kritik terhadap sample makanan yang sudah diberikan tadi, atau seorang pelayan yang langsung menanyakan apa saran dan kritik dari pelanggan. tapi harus diingat jangan sampai mengganggu kenyamanan pelanggan.
Untuk menekan cost dari Free Food Try, bisa dilakukan dengan mengecilkan ukuran dari porsi yang akan diberikan, hal ini selain dapat mangurangi biaya, juga dapat menghindari adanya makanan yang terbuang dikarenakan pelanggan sudah kenyang dengan makanan yang dipesan.
Konsep Free food try sebenarnya kembali lagi pada kreatifitas masing masing manajer bagaimana agar produk yang mereka berikan pada pelanggan dapat terserap dengan baik dan dapat mengenai sasaran secara tepat.